Thursday, July 3, 2008

Lomba Penulisan Esai Melalui Cerita Pendek

MAU JALAN-JALAN KE KOREA GRATIS???
IKUTI LOMBA PENULISAN ESAI "MENGENAL MASYARAKAT DAN BUDAYA KOREA MELALUI CERITA PENDEK"

Korean Literature Translation Institute (KLTI) dan Indonesia Culture Center Seoul (Pusat Budaya Indonesia, Seoul) bekerja sama dengan Program Studi Indonesia dan Program Studi Korea, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI) dan Penerbit Gramedia Pustaka Utama akan menyelenggarakan lomba penulisan esai yang membahas atau mengapresiasi buku antologi cerpen Laut dan Kupu-Kupu (terjemahan Koh Young Hun dan Tommy Christomi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007). Lomba dengan tema "Mengenal Masyarakat dan Budaya Korea melalui karya sastra (cerpen)" bertujuan memperkenalkan kesusastraan, masyarakat dan kebudayaan Korea melalui karya sastra (cerpen) serta membuka jalan bagi usaha mengenal kebudayaan dan masyarakat Korea lebih dekat

Ketentuan Umum
  • Lomba ini terbuka bagi warga negara Indonesia yang pada tahun 2008 berusia tidak lebih dari 40 tahun (dibuktikan dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk atau kartu identitas lainnya).
  • Biodata dan alamat lengkap (termasuk nomor telepon, ponsel, dan e-mail) disertakan di luar naskah lomba.
  • Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah lomba.
  • Naskah lomba belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun.
  • Naskah lomba ditulis dalam bahasa Indonesia yang kreatif dan merupakan karya asli.
  • Panjang tulisan untuk lomba ini minimal 4 halaman kuarto atau A4 dengan huruf standar (Times New Roman, 12), 1,5 spasi dan maksimal 10 halaman (2000--4000 kata).
  • Naskah lomba dikirim kepada Panitia sebanyak 5 (lima) kopi, selambat-lambatnya tanggal 29 Agustus 2008 (stempel pos).
  • Di sebelah kiri amplop dan di dalam setiap naskah lomba hendaknya dicantumkan keterangan: LOMBA PENULISAN ESAI : MENGENAL MASYARAKAT DAN BUDAYA KOREA MELALUI CERITA PENDEK
  • Naskah lomba dialamatkan kepada: Panitia Lomba Penulisan Esai: Mengenal Masyarakat dan Budaya Korea melalui Cerita Pendek Dengan Alamat: Program Studi Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, 16424, telepon (021) 78881018, 7863528, faks. (021) 78881018, email: lombaesaikorea@yahoo.com
  • Keterangan lebih lanjut mengenai lomba ini, boleh ditanyakan kepada Sdr. Prisila Limbong, Program Studi Indonesia, telepon (021) 78881018, Faks. (021) 78881018.
Ketentuan Khusus
  • Bentuk tulisan berupa esai dengan gaya bahasa yang cair, kreatif, dan tidak dalam bentuk makalah ilmiah.
  • Peserta lomba adalah perorangan, bukan kelompok.
  • Setiap pengutipan hendaknya tidak lebih dari delapan (8) baris dari teks aslinya dengan mencantumkan nomor halaman teks yang dikutip. Tidak dibenarkan menggunakan catatan kaki (footnote).
  • Naskah lomba belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba lain.
  • Lomba ini mendasari kajian atau apresiasi pada buku antologi cerpen Laut dan Kupu-Kupu (terjemahan Koh Young Hun dan Tommy Christomi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007). Ulasan atas cerpen lain di luar buku itu diizinkan sejauh mendukung dan ada relevansinya dengan cerpen-cerpen yang termuat dalam buku Laut dan Kupu-Kupu.
  • Peserta yang kesulitan untuk mendapatkan buku Laut dan Kupu-Kupu, dapat menghubungi Penerbit Gramedia Pustaka Utama melalui Sdr. Wina, telepon: 021-53677834 ext 3252, email: telemarketing@gramedia.com (subyek: lomba esai kumcer Korea).
    Penerbit akan memberikan rabat sebesar 25% untuk setiap pemesanan langsung ke Penerbit (diskon tidak berlaku di toko buku). Ongkos kirim untuk wilayah JABODETABEK sebesar Rp. 5000 ditanggung oleh pemesan.
Hadiah
Juara I  Rp 2.500.000,00
Juara II  Rp 2.000.000,00
Juara III  Rp 1.500.000,00

Juara 1--2 juga akan mendapat kehormatan untuk berkunjung ke Korea atas tanggungan Panitia (Tiket PP Jakarta--Seoul, Seoul--Jakarta, Fiskal, akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama di Korea). Panitia tidak menanggung biaya pembuatan paspor dan visa.

10 esai terbaik di luar Juara I--3 akan mendapat hadiah masing-masing @Rp 1.000.000,00



Lain-Lain
  • Pengumuman Pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan tanggal 23 September 2008 di FIB-UI dan akan dipublikasikan secara nasional melalui media massa cetak ibukota dan website Gramedia Pustaka Utama, www.gramedia.com
  • Panitia berhak mengedit jika dianggap perlu bagi naskah yang akan diterbitkan.
  • Hak cipta naskah lomba ada pada penulis naskah.
  • Panitia berhak membatalkan keputusan dewan juri jika diketahui peserta lomba melanggar ketentuan khusus.
  • Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat, dan tidak diadakan surat-menyura
Sebenarnya daku udah ogah ikut lomba2.....ikut gak yaaa?? *mikir, sambil ngecek tumpukan tugas tulisan lainnya. Masih ada homework 7 naskah yang harus diselesaikan bulan Juli '08 ;-D Ikut lomba buat refreshing aja deh...jadi kalau emang sempet ikutan aaah. Hhhmmm...apalagi barusan lagi mikir2 ini, chatmate-ku yg di Korea masuk online di Y!M...hehehe...gak ada hubungannya ;-p
 Poto punya korea.net

43 comments:

  1. halo mba, pa kabar?

    jadi, lomba menulisnya dengan bahan pustaka buku laut dan kupu-kupu itu ya mba?

    ReplyDelete
  2. gue ga bs nulis cerpen, nulis liputan konser br deh gape.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah , baik, Feb ;-)
    Iya, penulisannya membahas dan apreasi thd buku Laut dan Kupu2 itu.

    ReplyDelete
  4. Ini bukan nulis cerpen,tp ngebahas dan apresiasi naskah cerpen.
    Bukannya dikau paling gape tuh kalau urusan ngebahas dan apresiasi thd apapun juga, khususnya dalam bentuk gosip dan cela mencela...hehehe.
    Ikutan aja,Yen, kalau loe menang nanti kita bikin liputan konser di Korea ;-)

    ReplyDelete
  5. kriuk... hmm.. coba gue baca dengan seksama lagih. nyam-nyam... ga mudeng gue...
    kl menggosip dan mencela secara lisan gape bgt gue.
    lmyn kl dpt liputan konser ja na rang eh nan ja ra .. eh sapa tuh nama penyanyi sono ituh. paling yg gue tau boa ma rain aja.. (itu korea pa taiwan?).

    ReplyDelete
  6. Wah, ini yang dibilang Bang Maman tempo, hari
    Ikuuuuuuuuuuuuuuuuttttt

    ReplyDelete
  7. Ayooo ikut, Ko...Kalau pergi ke Korea aku juga ikutan deh ;-D

    ReplyDelete
  8. Gimana? Udah mudeng? Ikutan ajah...Kalau menang khan loe bisa pamer ke eks-boss. Bilang dong kalau loe kerja ikutan di kantor dia gak pernah dikirim ke luar negeri, tp begitu loe resign en jadi penulis "serius" loe malah langsung ke luar negeri mulu :D
    Gw juga gak hapal penyanyi sono...makanya pengen sekalian kenalan sama mereka. Nguber penyanyi lokal Indonesia udah gak ada tantangannya lagi soale ;-)

    ReplyDelete
  9. gue blm pernah bikin esai soale. mana musti baca cerpen lagih, kl tll nyastra ga nyangkut di otak gue. entar deh gue ke gramed itc liat bukunya dl sekalian mampir ke toko kaset, cari CD-nya mas2 ADA... (hualah...)
    kl uber penyanyi lokal sbnrnya sih kl mupeng bgt bisa lwt kenalan2 tmn, tp siap2 aja diledek abis.. soale gue tkg ngeledek sih pasti kl minta tolong yg "ga bgt" jd ajang balas dendam :-)

    ReplyDelete
  10. Kmrn gak sempet ke bookfair? Gw pusing lihat orang banyak banget disono, mau hunting buku jadi gak nyaman. Kebeli cuma 3 buku.
    Hahaha...iya pasti diledekin aja tuh sama temen or kenalan ;)) Nggak bangeeettt....Tp khan skrg gw bisa bilang kalau itu buat bahan tulisan ;-)))

    ReplyDelete
  11. kmrn gue lmyn puas kok ke bukfer, beli 7 buku tebel2 bleh, tau dah nanti di baca pa enggak hehehe..
    kl gue blg bahan tulisan keknya diledek jg deh. ya intinya tmn2 gue pan apapun alasannya mumpung ada kesempatan bantai aje semalu2nya.

    ReplyDelete
  12. Cepet juga dikau baca tuh nopel2. Lgs bikin 3 resensinye aje! ;-)
    Yang 4 lagi sekalian diresensi yak...hihihi....

    ReplyDelete
  13. Yg laen blm pd kelar bacanye, kmrn tau2 ada duit nambah di rekening tau dr mana, gue borong buku lagih hehehe...
    Duh... kamar gue tambah penuh gara2 buku, baju dan manik2. Moga2 bsk gue dpt laki yg mau beres2 rumah. Biar gue bs konsen kerja di luar.... (kebalik ya).

    ReplyDelete
  14. Hihiihi...dapet laki yang bisa ngasih rumah yg ruangannya banyak dong.
    Jadi kamar buat buku,baju en manik2 semuanya terpisah.Loe ama dia kamarnya juga pisah....xixixix...ntar digosipin pisah ranjang loh,pdhl krn kebanyakan kamar :D Dasar reporter inpoteinmen!

    ReplyDelete
  15. pisah ranjang alias ga bobo brg mah ga pa2, asal pas lg ga bobo ma gue ya ga masyalah.
    lah kl dpt laki tajir, kl dptnya kontraktor rmh petakan terpaksa ga py dapur dah. dapurnya jd perpus aje.
    barusan gue dikirimin kurir gramed buku kumcerpen laut dan kupu2 ntuh. ntar gue nyicil baca dah, kl mudeng ceritanya ikutan lomba, kl ga mudeng ya mending gue ke solaria aja deh makan dl, sapa tau kl perut kenyang, gue bs lbh pinter.

    ReplyDelete
  16. Kok loe bisa dapet dari kurir Gramedia? Loe beli via online?
    Gramedia yg di Thamrin Grand Indonesia lagi bnyk discount nih, gw mau kesana ah kalau bisa....
    Kalau kenyang mah yg udah ngantuk, bukannya lebih pinter :D Sptnya kalau kita lebih pinter lagi....wuiiih dunia bisa hancur ...hehehe.

    ReplyDelete
  17. beli direct selling aja. dl pan gue pernah magang di direct selling elex. jd kmrn nawar2 ma mbaknya spy bs bayar di t4 ga musti nyetor bank dl (males ah).
    Iye, td pagi gue liat billboard gramedia fair di grand inodnesa eh indonesia. ah, keknya bulan ini gue dah kebanyakan buku deh.
    Bener tuh, pinter ngeritik soalnya, kl jenius ngeritik bakal kena musibah nih dunia hehehehe....

    ReplyDelete
  18. Oh itu namanya direct selling? Jd bukan buku2 ttentu aja yg di-direct sellinging?
    Berapa buku sih yg loe beli? Sejak May - July gw juga udah banyak banget beli buku nih....Setelah baca ngomel2 deh, sambil "sok" ngomong :"Gini doang ajah mah gw bisa nulisnya!" :))))) Hahaha....walaupun ujung2nya nulis hal yang gak penting ;-p Males tanggung jawabnye kalau ketahuan pinternye...hihihihi...makanye musibah khan buat kita kalau kita lebih pinter dari skrg? Apalagi kalau jenius.....:D
    Link yg loe kasih lumayan asyik tuh, bikin gw makin menggila cari referensi yang bisa dipertanggung jawabkan. Apalagi kmrn temen gw abis nerjemahin naskah yg ada kaitannya sm konspirasi Al Qur'an gituh. Makin seru en bikin gw tambah jungkir balik! Memaksa petualangan liar gw di dunia nyata mulai tahun depan. Tahun ini mah di dunia maya dulu risetnya :)

    ReplyDelete
  19. semua buku bs kok, sama kayak pesen lsg ke penerbit aja via epon minta dianter. cuma dikasih istilah direct selling biar keren. kl elex pesen begini disc 20%.
    dah ga keitung buku yg gue beli, tapi blm ampe nembus angka 20an kok. gue jg srg komen gituh ke buku2 ga penting. ee.. ternyata karya gue lbh ga penting lagih hehehe....
    hahaha.. itu emang link keren bgt. kl mslh kebenaran mah ga ada yg tau. tp seru itu imajinasinya, membuat kita hanya mahluk super kecil dr rahasia alam yg blm terungkap. tp biasanya nih, sejauh2 manusia bertualangan sbnrnya kebenaran itu sederhana dan ada deket mrk cuma blm keliatan aja ^o^

    ReplyDelete
  20. Hahaha...sptnya dari liputan konser yang gak penting, bisa jadi kita bakal bikin tulisan yang suaaangaaat peeuuunttiiing. Gak perlu jadi orang penting-lah, yang penting tetap jadi orang ;-)) Soal penciptaan makhluk yang cuma cahaya ituh,yg kmrn loe bilang saat kita mau turun dari foodcourt MKG, apa itu gak bakal rancu sama malaikat yak?
    Simple-nya kebenaran itu ada dari suara hati kita kok.Trus kita ikutin aja perputaran hidup sesuai dengan orbit yang ada...yaaa cuma kalau ada "planet" lain yang nyenggol memang bakalan ngerusak hidup kita. Udah sunatullah ituh.
    Emang seh, utk eksplor ke Al Qur'an kita perlu belajar dari sejarah terdahulu...otomatis-lah kita balik ke zaman2 Aztek,Petra,dll ituh...
    Soal kita makhluk kecil dari semesta, memang itu jelas ada di Al Quran. Makanya perlu nih ustad/ustadzah yang ilmu sains dan teknologi (plus sejarah)-nya jago banget. Harus kuat dasyat! ;-)

    ReplyDelete
  21. kl di cerita yg lagi gue susun di otak gue emang jatuhnya jd kek malaikat. malakait itu apa nanti ada keterangan lbh lanjut. yg jelas ada bbrp ayat dr Quran yg bs jd kunci dr semuanya. cuma br bayangan aja, faktanya sih meneketehe.
    gue pengen buru2 bikin nopel base on tuh cerita2 sblm thn depan. 2012 pan bentar lg. mana thn depan nibiru hrsnya dah mulai nongol (kl emang itu ada).
    siap2 ah... bikin buku or bikin tempat perlindungan bencana dl? ah tau deh.

    ReplyDelete
  22. Bisa jadi tuh planet cuma simbol.Kita pan hrs pinter2 baca semesta.
    Ayat yg di Quran itu kuat banget utk argumen ini?
    Gw pengen riset dulu lgs keliling semesta nih, setelah itu baru gw susun tulisannya.Kira2 keburu taon 2012 gak ya? Yg jadi masalah bukan tempat perlindungan bencana, tapi bagaimana kita selamat dari bencana. Ini udah mulai banyak muncul oknum2 yang merasa "juru selamat", jd kalau masuk kelompok mereka kita bakalan selamat.
    Aaah duniaaa....kalau emang ajal mah mau gimana lagi?Yg penting persiapan kita di akhirat ajah. Emang surga mereka yang punya? ;-D

    ReplyDelete
  23. Btw gw lihat di web itu ada utk kepentingan negara sok adikuasa itu deh ;-)
    Berarti kita lihat juga nih perkembangan kalau Obama jadi org nomer atu di sono,trus hubungin deh sama Indonesia.
    Kok jadi kemana2 gini sih gw? ^o^

    ReplyDelete
  24. Faktanya tinggal tgg waktu, mei 2009 kl nibiru ga nongol berarti ya buat seru2an aja. Ah, gue sih ga mau tll byk riset, nanti ga kelar2 en bingung sendiri. Namanya jg tulisan fiksi, .. fiksi getuh looohhh. ^o^
    Ya udah jd PMA (penanam modal akirat) aja, misalnya : sumbang2 ke org ga mampu kayak gue. Gue pan ga mampu beli mobil, ga mampu beli rumah, ga mampu beli pesawat ^0^.

    ReplyDelete
  25. Iye kita lihat pas ulang taon gw ntuh ;-D Ulang taon dapat hadiah planet...kereeenn...
    Fiksi juga datanya harus akurat.Ada tuh penulis yg adegannya kecelakaan pesawat Boeing. Jatoh dari ketinggian 2000 feet.Please deh, pesawat Boeing full pramugari tingginya cuma segitu. Mendingan loncat ajah. Noraknya lagi pramugarinya lari ke cockpit trus pakai kursi pelontar. Ckckck....jenis pesawat Boeing yang mana tuuuuhhh....Nulis ngawur gituh! Apalagi ada embel2 fiksi Islami en ditulis oleh penulis yang konon biasa menulis tulisan fiksi berbobot. Cuma gara2 ini gw jadi ilfil gak mau baca tulisan2 dia lagi ;-))))
    Loe gak mampu beli ini itu tp kerjanya belanja muluuuu.....hiyaaah ;-D

    ReplyDelete
  26. Makanya jgn pake fiksi yg berargumen data2 eksak hehehe... krn background gue ilmu sosial jd nulis hal2 yg gampang ngelesnya ^.^
    sapa blg gue belanja mulu! selain belanja, gue jg hobi jajan makanan, nonton konser, maen game! hehehe..

    ReplyDelete
  27. Sempet kirim utk lomba ini? Gw kelupa'an krn terlalu banyaknya naskah yg gw uber ;-))
    Cuplikan naskah kita yg kedua gw kirim ke emailmu, tp ditolak tuh. Ntra gw coba lagi deh.

    ReplyDelete
  28. blm sempet, baca bukunya jg belom. tinggal bbrp hr lagih ya? tau deh sempet or ga.

    ReplyDelete
  29. Hahaha...kagak bakal sempet deh kalau lihat "gaya" loe yg spt biasanya ;-D

    ReplyDelete
  30. Gw mau bikin resensi aja belum sempet2. Kesannya sibuk banget yak? Pdhl skrg aja lg ndengerin Kupas Tuntas-nya ADA Band di I-Radio setelah diksh tauk Yuli lwt sms. Sebelumnya chatting sama mantan yg di Surabaya...hehehe....
    Trus kata Yuli setelah ini gw harus nonton ANTV, ada ADA Band lagih. Bener2 dah...gara2 ini semua kerjaan tersisihkan.Tp masih mending sih,,,minggu lalu Yuli mau ngasih tiket gratisan nonton di Planet Hollywood, premier horor Aborsi. Males-lah gw meskipun gratisan nontonnya ;-D Mendingan gw chatting...xixixix..

    ReplyDelete
  31. gue td malam dah mencoba membaca buku ini, tp br 1 hlm gue ga bs bertahan.
    gue ga dpt feel-nya alias ga mudeng.
    gue lagi sdkt menurun minat thdp ADA band.
    Kok lo ma yuli pd suka denger radio ya, gue ma radio keknya jauh deh. pdhl hr mgg lalu baru aja gue diwawancara DFM, radio br katanya. Ternyata ada yg dengerin dan kirim sms jg ya. gue pikiri radio itu audience-nya minim.
    mendingan nonton kt gue mah, ceting mah bs kapan2. palagi ma mantan, kl gue mah dah ketemu mrk pas kondangan kmrn hehehe...

    ReplyDelete
  32. Emang susah kalau baca aja gak dak feel,apalagi nulis.Makanya gw paling males nerima naskah pesanan yg pakek detlen segala.
    Gw juga udah turun minat thd ADA.Penyesuaian feel krn Mas Khrisna gak ada kali yee? ;-) Tp Krishna New Spectrum kok jg gak ada kabar beritanya ginih? Sabtu ini di Sekolah Fransiscus Kampung Ambon - deket rumah gw (kepeleset aja bisa nyampek,tp gw ogah kepeleset!) bakal ada Yovie 'n Nuno. Pengen sih nonton, tp gw rasa gak pantes kalau gw yg berjilbab jingkrak2 di lingkungan susteran gitu menjelah Ramadhan ;-D
    Loe diwawancara apa sama DFM? Radio udah mulai banyak lagi kok audience-nya, apalagi mereka pengembangan pancarannya meluas ke beberapa kota besar di Indonesia.
    Mendingan nonton banget kalau emang filmnya oke, tp kalau filmnya macem Aborsi gituh mah, mendingan gw chatting - bisa dapet order macem2 ;-D
    Chatting sama mantan gak bisa kapan2 krn utk chatting sama mereka gw juga tergantung mood ;-D

    ReplyDelete
  33. ntar malem gue coba baca lagih. tp kl bener2 ga tertarik ya sudahlah.
    Kl gue sih bukan mslh mas kris, mas bohay masih ada ini hehehe... cuma ya kayaknya mulai ga nyambung ma anak2. akir2 ini kl ntn brg gue memisahkan diri, abis kdg2 mrk tll overacting seh. Ya nonton YN-nya elo ga usah jingkrak2, diem aja, ngejogrok di barisan pld depan ^o^.
    Wawancara ttg bukunya Bunda Inong brg editor, penyusun ma promosinya. Gue diculik tmn gue abis kondangan. Jd gue masih berbatik ria ke studio.
    Katanya pelem aborsi mang krg serem. Ya lmyn kata gue kl mo cari bahan celaan, tontonlah pelem indonesa. Yakin deh, banyakan elo yg ngomong ketimbang skenario pemainnya ^0^.
    Cari order ma ceting ma mantan jgn tergantung mood. Biarpun bete kl cetingnya asyik, mood jg jd ga bete lageh. kl tetep bete lo blg aje ke die... bete bete bete ahh.. basi basi basi loooo...

    ReplyDelete
  34. Halah kalau gw mah emang males dari dulu kalau nonton bareng anak2 ituh.Jdnya kalau nonton ADA Band gw udah kayak orang autis aja, jejingkrakan en teriak2 tanpa peduli yg lainnya. Gak perlu overacting dah sama vocalis-nya...ntar malah diadu'in ke abangnye ;-D
    Hahaha...pdhl gw pengen banget nonton YN, waktu mereka show di La Piazza sih Yuli semangat banget ngajakin,tp waktu itu justru gw ada acara sama vocalis band laen...hehehe...
    Bener tuh...bener...nonton pilem horor Indonesia banyakan gw yg ngoceh.Bukannya takut tp gw malah protes mulu sama setannya yg bego banget! Cara nakut2in orangnya lebih jago gw deh ^0^
    Tp minggu lalu gw jg protes waktu diajakin nonton Wall-E di Bekasi krn katanya disono didubbing pakai bahasa Indonesia, Gw ngebayanginnya berasa nonton pilem India di tipi2. Akhirnya kita nonton di Mall Arta Gading yg gak pakai dubbing segala...eh ternyata tuh film minim dialog amat. Sampai skrg gw masih inget tuh dialog2 pilem itu.
    "Waaaallll Eeeeeee..."
    "Eeeeeffffaaaa......" (Mksdnye EVE)

    ReplyDelete
  35. Nanti mlm ADA ngamen di piza cafe mahakam. Anak2 pd ngajakain (ini geng anak2 yg ga tll heboh) Sbnrnya gue males, lg ngantuk en pusing, krg tidur keknya. Mana bayar pula! Tp mrk pd mo nonton kl gue ikutan .. laaah... kok jd tergantung gue.
    Udah.. udah.. percuma bahas pelem endonesa, ampe mulut berbusa jg kayak gitu2 aja. Enak tuh kl pelem minim dialog, ngapalinnya dikit (kl di dubbing jd panjang dialognya? hehehe...).
    tp gue ma tmn gue yg bhs inggrisnya caur pernah brg2 ntn vcd memoar of geisha nekat tanpa subtitle. Kami bahas tuh pelem sampai detailnya dgn kemampuan bhs inggris yg cekak. Hasilnya... salah tafsir semua hehehe....

    ReplyDelete
  36. Kalau mereka pada mao nonton kalau loe ikutan sih mendingan loe suruh aja mereka nonton loe nyanyi daripada nonton Inod, trus loe minta bayaran ala kadarnya ke mereka. Kalau sukses, gw siap jadi manager loe deh ;-)
    Hhhmmmm,,tp gw masih punya harapan thd film Indonesia. Pasca AADC masih ada film yg gw anggap bagus, spt : Biola Tak Berdawai, Belahan Jiwa, Untuk Rena (kagak pakek Yenita yeee...), Long Road To Heaven (yang sayangnya gw malah gak lihat Bali disini.Secara gw pernah tinggal di Kuta en bolak balik ampir tiap hari dilokasi pengeboman)...hhhmmm terus apa lagi ya yg bagus? Yg pengen gw tonton en belum juga tertonton smp skrg adalah Opera Jawa, nyang maen istrinya eks vocalis ADA Band. Penganten baru, masih fresh ;-D
    Memoir of Geisha sih gw bilang bahasa Inggrisnya tmasuk gampang, apalagi bintangnya bukan native...so nggak sulit2 amat ngerti'innya, apalagi seinget gw gak terlalu banyak dialog tuh. Hehehe...gw jadi mikir kecekakkan loe dalam berbahasa Inggris ;-)) Sama Inod bagusan mana? ;-D

    ReplyDelete
  37. Wah, kl gue nyanyi mereka pasti pd terkesima dan ga bs bilang apa2 hehehe... napas aja udah fals gmn nyanyi. lo msh tertarik jd manager gue?

    Gue puyeng nonton pelem indonesa. yg lo sebutin di atas gue cuma ntn belahan jiwa. gue aslinya suka pelem2 model alfred hickok (tau tulisannya gmn) yg tiba2 endingnya aneh getuh. ma pelem2 yg mengkombinasikan teknologi ma etnic getuh kayak chronical of riddick.
    opera jwa keknya bagus kl di tayang di luar, kl di indo ga bakal laku, gue jg blm nonton tuh.

    percaya deh. bhs inggrisnya inod sedikit di atas gue. pdhl waktu ebtanas bhs inggris di esempe gue cuma salah 1. jadi nilai gue 9 koma.. ehhh pas sma jusru nilai rapot bhs inggris gue pernah merah! sungguh terlalu! makanya ampe skrg gue kaga berani tes toefl. tes iq aja mendingan deh, hasilnya lbh enak dilihat soale ^o^
    tp anehnya kl maen game yg bercerita getuh kok gue lancar2 aje ma bhs inggrisnye.

    ReplyDelete
  38. Masih tertarik gw, kalau nafas aja loe fals berarti suara loe pasti khas.Loe bikin demo aja dulu, demo lagu di studio music yak, bukan demo masak di dapur ;-p Eh apa mungkin suara loe asyik buat demo di bunderan HI.Drpd demo di HI gw denger suaranya pada cempreng, mendingan loe aja kali nyanyi2 disono ^0^
    Gw juga suka film yg spt loe sebutin, tp yg namanya belajar sih pilem apa aja harus gw tonton.Kalau secara pribadi mah gw seneng yg scien-fic, fantasi,animasi , musical or sekalian traditional budaya Jawa kalau pilem Indonesia (Macam Biola Tak Berdawai, Bulan Tertusuk Ilalang...trus ada lagi tuh beberapa khas Jawa yg dulu gw gak ngerti ceritanya, tp asyik aja lihat tari2an Jawa nan mistik, erotis tapi gak vulgar)
    Hah??? Gw aja kalau denger dia ngomong bhs Inggris rasanya prihatin banget ;-)))) Apalagi waktu dia mau ke OZ en nyanyi lagu Eternity.Sama Sekar, keponakan gw aja nyanyinya masih jagoan Sekar.
    Oh mungkin loe kuat di grammar or tulisan. Kebalikan dari gw! Benerannya gak papa loe test TOEFL, drpd IELTS.Kalau gw justru lebih seneng IELTS krn gw bisa ngoceh terus pas test Speaking...so bisa upgrade score. Kalau writing ...this is the weakest! ;-))))

    ReplyDelete
  39. gue pilih demo masak aja deh. lbh aman buat pemirsa ^o^.
    eike ya lepel ya demo di ha'i, eike nanti item kalau mejeng di sana boo...

    lo suka karya2nya mas garin dunk, pan rada2 dalam tuh budaya2nya.
    dialah sutradara kondangan eh kondang yg pernah nanyain gue dulu (lo msh inget ga gue pernah cerita keknya). asik orangnya.
    td malem di trans nonton pelem.. apa gue lupa judulnya. dr novel stephen chow eh stephen king. ceritanya aneh tp gue suka bgt. ampe jam 2 pagi gue ga bs tidur kebayang mo bikin novel sekeren itu.

    wah, inod aja dah lo blg memprihatinkan gimana kl lo dgr gue ngamen in english, dah buta nada, buta aksara jg ^o^. gue pernah ikut lomba bhs inggris, yg laen pd baca pidato 4 menit . gue ampe 10 menit br kelar. bacanya ngeja hehehehe.. makanya gue kursus bhs jepang aja drpd inggris, males ah ketemu bahasa siaul itu lagih.

    ReplyDelete
  40. Emang mendingan layout buku masak aja deh loe daripada demo masak bener or demo di HI. Kalau gw sih nanti bikin buku resep juga deh...udah mulai nyusun2 nih resep apa aja yang pernah gw coba ;-D
    Iya, gw masih inget cerita loe....skrg samperin aja, Yen. Gw sudi dah jadi figuran kalau di filmnya dia. Gw pernah dateng ke acaranya dia di Goethe Menteng - kalau gak salah launching buku 'Membaca Film Garin' sekaligus nonton filmnya 'Rembulan di Ujung Dahan'. Dia kalau bikin klip musik juga ciamik banget, gw naksir berat sama Negeri di Awan-nya Katon Bagaskara yg di Ambarawa. Kodok aja bs diarahin sama dia. Loe hubungin dia lagi ajah deh...
    Stephen King biasanya thriller gitu ya? Jeng Tary tuh yg skrg lg suka nulis sejenis Stephen King. Gw belum berani nulis sejenis ini krn kalau gw nulis sesuatu gw suka masuk ke "dalamnya", jadi gw ogah yg aneh2.
    Seharusnya loe bisa menang tuh pidato bahasa Inggris, yg lain 4 menit tp loe bisa lebih lama 2x lipat dibandingin lainnya. Berarti khan hebat ;-)))
    Gw justru lagi mau belajar bahasa Arab, Ibrani en Persia nih....soalnya belajar bahasa Klingon gak bisa2.

    ReplyDelete
  41. skrg gue jg nge-layout buku makanan bayi neh. keknya kerjaan gue ga jauh2 dr makanan deh. mang lo ada niat bikin buku resep jg. satu2 yah naskah2nya lo kerjain. drpd ga ada yg kelar -,<

    gue cuma pernah sekali ke goethe, kl waktu ke goethe acara 100 harian pramudya ananta toer kl ga salah, kebetulan kntr gue yg bikin undangannya. gue mo mejeng aje di sono sekalian makan, ee... sampe sono makanan wes entek! gue cuma liat ada remisilado ma slamet raharjo. ada penulis muda lain cuma yg gue tau only eka kurniawan dan istri.

    gue dah lama bgt ga kontek2an ma tuh sutradara kondang. ktnya siy salah satu asisten or sekretarisnya tmn gue kuliah gue, tp gue ga tau sapa. ga ngeh bgt gue ya. die msh inget apa kaga ya ma gue. lo apal bgt karya2nya, gue aja kaga tll tau.

    itu tuh mba tary yg gila thriller. kl gue nulis cerita2 misteri paling berujung2 pd pocong ma babi ngepet. itu mah gue tau byk, maklum di ciganjur dl waktu gue kecil byk bgt cerita2 begituan. kl skrg dah gede gue lbh suka gosip selebritis drpd gosip dunia lain.

    ReplyDelete
  42. Kalau di Indonesia gw paling demen nyipta'in resep tanpa masak.Biasanya org lain yg gw suruh masak. Lumayan, resep2 gw udah ada yg pernah dimuat di Female FM Website trus di Majalah Lisa : http://balqis57.multiply.com/photos/album/5/Anna_Media#6
    Iya gw ngerja'in-nya juga atu persatu. Target bulan puasa ini sih jadi minimal 5 buku, dari buku pupuk sampai buku musik...hahaha, gak nyambung ;-p Makanya ajarin gw desain grapis dung spy gw jg bisa ngedesain cover buku juga, tp sama halnya dgn masak...gw juga hobby desain en ngarahin org utk ngegarap desain yg ada di kepala gw.

    Istrinya Eka Kurniawan mah gw kenal, en rencana dari dulu mau pergi ke Karimun Jawa bertiga sama Jeng Tary. Belum kesampek-an ;-D
    Mereka lagi pada sibuk nulis skenario. Kadang2 kita conference bertiga.Masing2 lg ngegarap tulisan.

    Sekarang mah babi ngepet udah gak nge-trend.Mendingan juga nyipta'in tokoh kartun babi sekaligus ceritanya. Spt Sesame Street, Barney, Komo, Disney....akhirnya bisa kaya raya juga khan tuh dari binatang ;-D

    ReplyDelete