Tuesday, October 7, 2008

Akhirnya Mudik Juga

Takbir bergema pagi di Jogkarta. Yap, Idul Fitri tahun ini aku berada di “kotamu”-nya Kla Project. Pulang ke kotamu...Ada setangkup haru dalam rindu...Masih seperti dulu...(loh kok malah nyanyi? ;-p)

Semalam kami tiba di Jogjakarta. Buka puasa terakhir dengan seteguk air yang dibeli di Gombong Kebumen, dilanjutkan dengan Sate Ambal di Lajer – Ambal. Anna, Mbak Lien beserta Mas Tunggal sekeluarga berangkat dari Jakarta pagi hari dengan mengendarai Tavera yang dikemudikan oleh Mas Tunggal melalui jalur Selatan yang lancaaaarrr...Alhamdulillah, tidak sedikitpun kami terjebak macet. Padahal saat itu merupakan H-1. Bahkan kami sempat mampir di Rajapolah Tasikmalaya. Anna hanya membeli gantungan kunci dan sandal kayu yang modelnya girly...

“Sakit” gak seh, khan kami mau ke Jogja, tapi Anna bawa duitnya Euro! Perginya mendadak! Alhamdulillah seh, karena bawa duit rupiah-nya cekak jadinya daku gak kalap belanja. Selama di Jogjakarta kami menginap di rumahnya Galuh di Taman Cendrawasih Plemburan – yang lucunya Galuh malah ke Jakarta di lebaran hari ke-2 lantaran mau belanja di Mall Ambassador dan tiket pesawat Garuda yang harganya nggak sampai 400ribu. Di rumah Galuh daku merasa “terjamin”-lah, kamar full AC dengan kamar mandi dalam, mobil Honda CRV-nya Galuh  (walau masih ada Tavera, tapi khan nggak muat pas kita berombongan) dan....makan juga selalu ditraktir Mbak Yoen en Mas Tirto..hahaha. Galuh dah, keluarganya ke Jogja eh dia kok malah ke Jakarta.

Shalat Ied di Kantor Post Plemburan. Sampai dirumah bermaaf – maafan sambil makan opor dan ketupat. “Personel” yang ada saat itu : Anna, Galuh, Mbak Lien, Mas Tunggal, Mbak Rita, Sekar, Seno, Pandu, Mbak Yoen dan Mas Tirto. Usai makan kami langsung ke Klaten dengan 2 mobil (Anna naik CRV yg dikemudikan Galuh). Senang ih melihat hamparan sawah yang menghijau di Klaten, apalagi sempat berpapasan dengan barisan bebek – bebek yang diangon. Klaten itu tempatnya Yudist yang sedang sakit, jadi kami mengantar makanan lebaran ke dia. “Lucu” juga kalau dipikir dan kalau melihat foto2 Yudist ketika kecil, menghabiskan masa kanak2 di Pitsburgh Pensylvania USA dan disaat usia produktif berada di pedesaan nan tenang di Klaten Jawa Tengah. Allah senantiasa merahmati-mu, Dist.

RAWA JOMBOR, KLATEN JATENG * DAN KALIURANG DIY
Dari tempatnya Yudist kami meluncur ke 3 kilometer dari sana, yakni Rumah Makan Apung dan Taman Pemancingan Rowo Jombor. Disinilah berderet rumah makan yang “terapung”, sepeti rakit yang memanjang dan besar berderet. Kami-pun menikmati makan siang bersama di salah satu rumah makan dengan menu ikan air tawar. Pastinya di Rawa Jombor ini ikannya diperoleh di “empang” yang berada di bawah kami. Alangkah indahnya andai area Rawa Jombor dikelola dengan baik dan profesional. Ke tempat makannya kita naik rakit yang ditarik menggunakan tambang. Hehehe...seru juga berakit – rakit sekeluarga di hari raya bukan dalam keadaan banjir yang sesungguhnya.

Setelah luch kami langsung menuju Kaliurang. Melewati aneka tempat wisata yang hari itu ramai. Khususnya wisata Agrobisnis tuh! Kok akhir2 ini daku tertarik dengan Agrobisnis yak!? Udah mulai namem2 bawang di halama rumah neh. Secara di halaman rumah Pulomas emang udah bervariasi aneka tanaman, dari pohon Jati, Duren, Belimbing, Pisang, Mangga, sampai pohon Beringin tumbuh berkembang di Pulomas. Banjir ada bagusnya juga untuk memupuk tumbuhan tersebut.

Di Kaliurang kami hanya ke tempat monyet lompat-lompat aja! Trus menikmati pecel dan sekoteng. Ramai banget seh.....Niat mau ke Museum Ulen Sentalu gak jadi karena Mbak Rita mendadak maag.

 

DINNER DAN AIRPORT ADISUCIPTO
Anna, Pandu, Sekar, Mbak Lien, Mbak Yoen, Mas Tirto serta Galuh (sebagai sopir) naik CRV cari makan malam. Ampuuuun daaaah, tuh Jogjakarta udah seperti kota mati. Lebaran kok sepi banget yak?! Udah gitu hampir semua tempat makan tutup semuuuaaaa...Kalau lihat kondisi seperti ini daku mikir, Jakarta katanya sepi banget saat lebaran tapi ternyata di Jogjakarta-pun nggak kalah sepi! Sepertinya yang ramai hotel – hotel dan tempat hiburan deh! Lah tadi di Klaten yang notabene pedesaan aja sepi gituh – gak ada suasana lebarannya acan. Apalagi menurut kabar di tipi en koran jalanan H-1 jalanan menuju “Jawa” macetnya ampun2an sedangkan kami kemarin “mak looooss” aja sampai Jogjakarta...

Akhirnya kami dapat juga tempat makan, Mie PASAR Baru Jakarta di Jln.AM Sangaji. Jauh – jauh ke Jogjakarta makannya di Mie “Jakarta” juga. Grup Pringsewu yang justru belum buka cabang di Jakarta. Daku pesan Mie Pelangi Komplit (Mie 3 warna, hijau – mie terbuar dari Sawi, merah – dari Wortel dan mie kuning telor pada umumnya). Niiih tempat makan lumayan ramaaaiiii....

Usai makan kami menuju Adisucipto Airport untuk menjemput Ibu dan Mbak Wien dari Jakarta. Mereka tadi pagi lebaran dulu di Jakarta. Dan jam 20.00 pesawat Mandala yang mereka tumpangi tiba di Jogjakarta.

Jam 22.00 kami memanggil tukang mie dokdok yang lewat depan rumah. Daku makan lagi deh, Mie Godog ala Jogjakarta seharga Rp 5000 ,-/piring.

Jam 23.00 daku langsung bobo, besok pagi agenda acara telah tersusun – ke Kebumen pagi hari. Shubuh nganter Galuh ke airport (rencananya!).

Senang deh akhirnya daku bisa lebaran di daerah lagi, terakhir lebaran di daerah tahun 2003 – di Jogjakarta juga. Waktu itu di tempat Mbak Naning di Maguwoharjo seberang airport.Tahun 2003 setelah shalat Ied kami ke Prambanan,siangnya lanjut ke Jatim dan Bali.

Semoga amal ibadah kita semua diterima-Nya. Mohon Maaf Lahir dan Bathin untuk semuanyaaa......

*Foto 1 : Honda CRV yang Anna tumpangi dalam menuju Klaten dipotret Sekar dari Tavera
 Foto 2 : Naik rakit di Rumah Makan dan Pemancingan Rawa Jombor, Klaten - Jateng
 Foto 3 : Tempat-nya Yudist di Klaten Jateng

40 comments:

  1. wah, kebuka juga MP lo ^o^
    puas neh wisata alam dan wisata kulinernya.
    sejak mbah gue ga ada semua, gue dah ga pernah mudik. pengennya siy ke cairo, itali atau tibet aja hehehe...

    ReplyDelete
  2. Mbah gw juga udah pada gak ada,makanya kita banyak plesirannya...sekalian silaturahim ke sodara2 laen,trus menyukseskan Visit Indonesia 2008 (deeeuuuu...)
    Tibet gw jg pengen,tp sempetnya masih ke Tebet doang ;-D

    ReplyDelete
  3. minal aidin walfaizin ya...mohon maaf lahir bathin....

    ReplyDelete
  4. masalahnya kl mudik gue takutnya jd rebutan om2 ma tante gue. pasti gue di suruh ke sono ke sini. Trus di wanti2 ben cepet golek bojo. Drpd binun, gue bertapa di dapur gue aja dah.

    tebet mah gue ke sono mulu tiap ari. nebeng temen pulang kerja mulu ampe sono. tp dgr2 cyprus jg bagus. pokoke slm hidup, gue musti pernah menyinggahi ke-3 t4 itu!

    ReplyDelete
  5. Sama2 ya...mohon maaf lahir dan bathin.
    Semoga kita senantiasa diberkahi-Nya ;-)
    Amiiinnn....

    ReplyDelete
  6. Hahaha...emang tuh orang tua pertanyaannya pada gak kreatip amat yak? Yang ditanya kok masalah bojo meluluuuu....lah kalau kita ngedapetinnya lebih dari 1 mereka juga bakalan nyipratin kita pakak air kembang ;-))))
    Yup Cyprus emang bagus.Italia,khususnya Venesia emang ada di list gw. Niatnya khan taon ini sama abang adek ituh...tp ternyata challenge-nya berubah jadi naik kapal pesiar mewah ke Malaysia, Singapore and Thailand....ah gak napsu guw, bosen ;-)

    ReplyDelete
  7. targetnya jd berubah neh... :)
    gue mah ga minat naek kapal pesiar kl keliling, enakan jalur biasa aja, kl bisa pake getek aja deh, biar lebih berasa getuh dayungnya hehehehe...
    kmrn sempet rencana ke vietnam ma tmn gue. tp keburu kami dpt kerja en dah sibuk masing2.

    ReplyDelete
  8. Emang deh...getek tiada duanya. Adventure-nya lebih okeh naik getek dibandingkan naik kapal pesiar.Mendingan gw di hotel mewah ajah daripada di kapal pesiar...hotel dgn suasana alam pedesaan Indonesia yg eksotik macam Amanjiwo yg semalamnya 35juta rupiah!
    Lah katanye loe bisa ngakalin jadwal.Gw pengen nyoba backpacker sekali2, tp gw orgnya "jijikan" sih kalau nginep di hostel2 backpacker gituh....walaupun mungkin kamar pribadi gw gak lebih bersih daripada kamar hostel tsb loh ;-D

    ReplyDelete
  9. Btw loe bisa baca tulisan2 di reply MP gw yak?!
    Gw kok gak bisa yaa...harus gw "klik" dulu supaya gak kebaca.*siap2 nyari theme lagi...hihihi

    ReplyDelete
  10. Sekalian aja ke dubai yg hotelnya 20rb dolar semalam. Ga kebayang dapat kamar kayak apa. gue mah tidur di mana aja ga masyalah, biarpun kdg ga bs tidur nyenyak jg. tp dah biasa latihan tidur di busway hehehe... plg yg agak masalah toiletnya yg musti rada milih2 hehehe...
    kl lo mo pemandangan eksotik pedesaan, tidur di gubug mbah gue aja. eksotik banget! lantainya masih tanah, dindingnya masih bambu, masaknya masih pake kayu, pup-nya masih di empang bwh pohon bambu qiqiqiqi... eksotik kan? kl pohon pete panen, pagi2 dah nyepeda buat jualan di pasar. disono, gue sll jajan lontong pake pecel berpiringkan daun jati. tidur siangnya di musola depan rumah dah brg sepupu2 gue. eksotik plus ga modal lagih ^o^
    kl gue siy nyante soal jadwal tp tmn gue ituh yg syusyeh. lagian sekarang die dah merit dan di kota laen. makin syusyeh deh.
    iya tuh theme lo rada masyalah. gue block dl br keliatan tulisannya. lagian di kanan ada kartun sepasang monyet ciuman suka muncul. itu bawaan theme lo apa bukan?

    ReplyDelete
  11. Ooohhh...hotel yg spt pohon palem itu ya? Kelihatannya itu yg dijual modernnya deh.
    Nah, benerannya Aminjiwo itu ciri2nya spt tempat embah loe gituh,tp semuanya digarap secara profesional dari hiegenis. Kemarin gw sempet survey ke hotel macem rumah mbah loe tp tarifnya udah ampun2an. Ntar2 gw tulis liputannya deh.
    Kmrn di Hotel Manohara gw juga sempet sewa sepeda en keliling area Candi Borobudur. Berasa gw yg punya candi pokoke ;-)
    Hhhhmmmm...loe buka homestay seminggu di rumah mbah trus loe sewa'in sm bulek aja.Dari fee selama 1 minggu pasti bisa ngerenovasi bagian2 rumah mbah loe yg hrs dibenahin...hehehe...so loe kembangin deh jadi penginapan suasana khas traditional/back nature :)
    Iya tuh di theme gw ada monyetnya...iseng amat tuh monyet pakek ciuman segala di tempat gw! Gw mau ganti theme tp keponakan gw yg mau ngeganti mouse gw lagi di Surabaya, so blm bisa keganti deh...

    ReplyDelete
  12. hotel sejenis itu di uni emirat ada 2, satu di abu dhabi, satu lagih di dubai. plg terkenai siy yg di dubai.
    ah, t4 mbah gue biarin aja begitu. ada nilai histrorisnya dan artistiknya hehehe... palagi empang yg dijadiin toilet ajdi2an sebrangnya kuburan hihihi.., kuburan jaman bahela pan getuh dah. seru bgt tuh. waktu kecil gue bela2in nahan pipis drpd sendirian ke sono. drpd benerin tuh rmh, mending buat beli rmh br buat gue aja ndiri di depok.
    ya elah pake bela2in nunggu mouse, lo pake keyboard aja. mouse itu diciptain krn programmer jaman dulu terlalu cepat pake keyboard sdgkan kemampuan kompor eh komputer terbatas. jd dibuatlah mouse, biar org2 ga secepat dulu kl pake komputer.

    ReplyDelete
  13. Abu Dhabi ama Dubai bedanya apa sih? *sambil garuk2 kepala nginget2 nilai geographi zaman dulu.
    Justru krn nilai historik en artistik yang ada di rumah mbah loe itu yang bisa dijual. Bukan dibongkar,tradisi harus tetap dipertahankan. Bangunan,dll-nya dipertahankan - tapi dibersi'in aja en dikelola secara profesional gituh.
    Lah skrg mah kuburan aja bisa dijadi'in wahana wisata.Di rumah Mbah loe banyak pohon Jati-nya ya? Di daerah Sragen? Lah itu nilai historiknya lebih tinggi lagi....manusia ourba pertama kali ditemukannya di daerah sana khan? hehehe...tapi Bupati Sragen yg skrg gw dengar udah jago banget tih nanganin pemerintahan daerahnye ;-)

    ReplyDelete
  14. abu dhabi ma dubai tuh nama2 kota di uni emirat. namanya jg uni emirates yg isinya gabungan dr 7 ngr2 kecil gituh. yg plg terkenal ya abu dhabi ma dubai.
    rumha mbak gw dah di ratakan krn tanahnya mo dibagi2 ke anak2nya hehehe. ktnya siy skrg sragen mang lbh maju. tp gue sendiri kl ke sragen ga ernah ke t42 wisatanya, jd gue ga ngarti deh soal keistimewaan sragennya. yg gue tau kt bkap gue, belannda ga pernah bs masuk ke sragen krn apa getuh, ada cerita2 gaibnya getuh. jd di sragen ga ada jejak kolonial, adanya jejak manusia purba.

    ReplyDelete
  15. Lah kalau gitu dulu gw ke Abu Dhabi or Dubai yak? Katanya itu Dubai, ibukotanya Abu Dhabi....aaah bingung gw.Pdhl kalau gak salah gw 2x kesono,tp tuh hotel belon pada ada.
    Gw perhati'in daerah2 di Jawa udah pada lumayan maju2, baik pembangunannya maupun wisatanya.Infrastrukturnya udah okeh deh.Gw terakhir ke Sragen taon 2003, gw lihat seh emang udah lumayan rapih tuh daerah en gw baca2 di Swa skrg Sragen lebih rapih lagi, baik daerahnya maupun administrasi pemerintahannya.
    Jadi Sragen itu gak pernah dijajah Belanda ya? Kalau Jepang pernah gak? Inggris? Portugis? Sragen yg jalan utamanya Sukowati bukan sih?
    Waduh sayang banget tuh rumah Mbah loe? Loe bakal dapet warisan juga dong? Td siang gw ngobrol sama Yuli ditelp soal kerjaan. Gw bilang di daerah udah maju juga,tp sptnya dia terlampau cinta Jkt tuh...Katanya di daerah jarang ada show2, jadi susah kalau mau nonton ADA Band....

    ReplyDelete
  16. uni emirate itu ibu kotanya abu dhabi bu, cuma kota terbesarnya emang dubai. kdg org keder, sama kayak ankara en istambul di turki. elo lagian ke sononya dah lama bgt kali, tuh hotel2 termasuk baru. persiapan kl minyak abis jd beralih ke pariwisata.

    gue dah lama bgt ga ke jawa, lagian kl ke jawa sll ga bs lama2. naek pesawat, ketemu org, trus di panggil lagi ke jkt. pokoke gue sok sibuk dah. kl ga, ke jawa jg paling diundang, kl undangan kan dijadwalin kegiatannya.

    setau gue mah sragen ga pernah dijajah sama sekali. ntar gue tanya bokap gue lagih dah. dia kan yg masih srg diceritain kakeknya yg katanya salah satu org terkenal di sragen. sayang... cucu2nya terutama cicitnya (termasuk gue neh) ga ada yg jelas ^0^. pesantrennya die aja ga ada yg nerusin, pas di generasi gue bubar dah! jalan sukowati itu bukannya gemolong. gemolong msh masuk sragen keknya.

    gue ga dpt warisan ape2, secara anak2nya byk bgt. ah drpd repot ngurus dapetnya ga seberapa. gue mending cari sendiri aja dah.

    Ah yuli mah hidupnya konser oriented. hrsnya die jd tkw di hollywood atau bollywood aje tuh. mayan bs liat artis gratis tiap ari.

    ReplyDelete
  17. Aaah, gw lupa jadinye...waktu itu gw ke Dubai or Abu Dhabi yee?? Hhhmmm,,,spt halnya NZ.Org banyak yg ngira ibu kotanya Auckland bukan Wellington dan Australia org bilang ibukotanya Sydney bukannya Canbera. Ibu kota Amerika : New York or Los Angeles? ...Washington DC kaleeee,asalkan jangan jawab Baverly Hills aje ;-p
    Hhhmmm...tapi repot juga kalau org Indonesia diluar negeri diditanya Indonesianya mana, trus dia jawab Jakarta, padahal seh Bekasi,Tangerang,Depok dskt-nya. Yg ini gw paling demen cekikikan.

    Jadi penasaran sama Sragen yg gak pernah dijajah :-D

    Lama2 gw bakal nyuruh Yuli jadi artis di Sragen juga nih ...hihihii

    ReplyDelete
  18. kl org bule taunya mah bali bukan indonesia.
    wah, gue lupa tanya bokap lagih soal sragen blm pernah dijajah.
    kl inget ntar gue tanya ah.

    ReplyDelete
  19. Buran tanya...ntar bikin novelnye yeee ;-D

    ReplyDelete
  20. udah gue tanya, tp gue malah jadi nambah binun.

    ReplyDelete
  21. Bingung kenapa sih? Malah jadi penasaran gw ;-D

    ReplyDelete
  22. ntar gue ceritain kl ketemuan aja dah.

    ReplyDelete
  23. Iya...gw tunggu hari Senen di toko.
    Hari ini gw ada order ngelulur di Bukit Permai Cibubur,jadi nganter therapistnya ;-D

    ReplyDelete
  24. Ya udah, hr senin. Hmmm... yakin lo hr senin nongol di toko. Kabarin gue dah kl lo dah sampe toko.

    ReplyDelete
  25. Insya Allah. Gw udah komitmen soalnye *ciiieee....

    ReplyDelete
  26. yah... kita tgg aja nanti hehehehe..
    (perasaan kmrn ada yg berkomitmen ntn afghan ma adek berturut2 deh)

    ReplyDelete
  27. Lah yang nonton konser itu seh bukan komitmen....itu sekedar harapan.
    Justru mereka yg sebenarnya berkomitmen ingin menghibur gw dihari lebaran ;-D

    ReplyDelete
  28. kita liat deh, nih kan senen, lo masih komitmen ga tuh ke toko.

    ReplyDelete
  29. Komitmen oh komitmen....;-p
    Susah juga ye kalau poliandri eh polibisnis ginih...hihihi...
    Besok sumpah deh sumpah, Sumpah Pemuda maksud gw! hahaha

    ReplyDelete
  30. ah, lo ga bakat py gebetan byk neh, ga bs maen cantik neh kl begini.

    ReplyDelete
  31. Secara mah emang gw orang yang setia ;-D
    Curhat soal gebetan ke gebetan yang satu lagi....hihiihi...

    ReplyDelete
  32. setiawan apa setiawati? yakin lo setia? hmmm...

    ReplyDelete
  33. Yakiiiinnn....gw tuh setia sama seseorang walaupun gw udah ada gebetan yang baru...^o^
    Gw jg setia sama mantan walaupun dia udah nikah ^o^
    Soal kesetiaan gw emang jagonya dah....

    ReplyDelete
  34. sama aja lo kayak bom2 ^o^.
    setia apa mang cinta mentok tuh. itu mentok kali.
    jgn2 lo jd senasip ama abang. prnh curhat colongan die, mo nyambung lg ma mantan tp ga py lemnya hehehe... lsg gue ledekin aje tuh!

    ReplyDelete
  35. Ah gw mah ogah spt abang. Dia bukan setia,tp cuma mau merit sama tuh cewek. "Samberan" mah sana sini....yang mau merit sama dia juga ngantri.
    Kalau gw mah simple ajah kalau mau merit. Merit sama yg kaya, ganteng or pinter mah kalau gw mau udah dari dulu2 gw merit sama mereka. Gampang cari spt yang mereka.Skrg gw cuma mau merit sama cowok yang memiliki kemampuan, maksudnya kemampuan untuk gw zholimi...ini yang sampai skrg gw belum dapet ;-p

    ReplyDelete
  36. moso yg mo ama die byk??? begetuh kah? itu mrk sbnrnya ngantriin abang apa adeknya? hehehe..
    sudahlah jgn berpikir untuk menjolomi (sok wise)
    menikah itu niatnya ibadah... jgn di buat main2 (halah)

    ReplyDelete
  37. Adek-nya mah gw bilang jg sekedar euforia ajah deh...Contohnya elo deh, kalau adeknya ngajak merit elo emangnye elo mau??? Kalau gw sih oooggaaaahhh....*serius! Gw mah demen teriak2 aja...hihiihi.
    Menikah niatnya ibadah??? Hahaha....jenis beribadah masih banyak, Neng ;-D

    ReplyDelete
  38. Mao gue.. mao towel2 ^o^. Masalahnya bukan gue yg mau ga ma die. Paling penting itu, die mau ga ma gue. Itu yg hrs diluruskan dulu. Tp die kira cewe kerudungan alim semua kali ya, die nyalamin gue kagak berani sentuhan. Bagus seh, masih liat2 org berarti die.
    Mang ibadah yg laen nikah ape? nikah sekali, ...nikah dua kali, ...nikah tiga kali hehehehe...

    ReplyDelete
  39. cie elahh mudikk nii !!
    amell kmana ea ?
    ko gg ikut !!
    munggkin sbukk x ea !!

    ReplyDelete
  40. Iyeee dung kite mudik....
    Ente khan orang Betawi, jadi kagak mudik dah ;-p
    Tapi minggu depannya kamu khan ke Surabaya.....sibuk ngerukin lumpur lapindo yak? ;-D

    ReplyDelete