Sunday, January 21, 2007

Belajar Memotret "Panggung"




Memotret "panggung" konon susah. Akhirnya saat acara Freestyle Friday di Score! Citos tanggal 12 January 2007 Anna coba aja...ternyata emang susah loh.
Menurut salah seorang member FN susahnya memotret "panggung" itu :

Sebelomnya perlu saya jelasin lagi berkali-kali bahwa, KENDALA FOTO PANGGUNG BANYAK BANGEEEETTT..! Antara lain:
1. Kru yang sering tereak-tereak nyuruh kita jauh-jauh saat kita motret deket panggung. Masih bagus ditereakin, kalo dipentung? He he he...
2. Lighting panggung yang semena-mena dan nggak bersahabat sama kamera SLR.
3. Pose gerak dan ekspresi artis yang sulit ditebak buat captured moment yang baik.
4. Belom lagi masalah slow speed yang bikin saat kita neken tombol kamera shaking dan bikin hasilnya blur alias out of focus.
5. Silahkan tambahin lagi yang pernah punya pengalaman motret panggung, tapi semua itu adalah tantangan buat kita bikin foto sebaik mungkin...

Anna tambahin nih :
*** "Diseruduk-seruduk" sama fansnya si artis yang juga mau motret.
*** Gemeteran plus grogi karena yang motret juga naksir sama si artis ;-p


68 comments:

  1. saahhh, dah pake SLR ni yee... mau dunk! :p
    lumayan bagus kok, na.

    ReplyDelete
  2. Hihi..mosoq mau pake pocket seumur hidup sih? ;p
    Waduuuh ,kemaren dikau duduk dibelakang daku nggak negor2 ih!

    ReplyDelete
  3. ih, meneketehe yg di samping pak supir yg sedang bekerja itu dikau... baru ngeh pas mo bayar. ayooo, ngelaba ama pak sopir yee? ihik-ihik

    ReplyDelete
  4. Ih daku khan lagi jadi co-pilot loh.Biar berasa duduk di cockpit! hehehe....;-p

    ReplyDelete
  5. Yang pocket kok. Gak berani pakai SLR desak2an spt di Score! kemarin.

    ReplyDelete
  6. bljr ma salah satu ex-armada yg dl pernah kita sbt di sms, lmyn tuh jepretan die :

    ReplyDelete
  7. Pdhl dia/ex-armADA pakai camera "biasa" loh....secara sih jepretan dia biasa,tp ngedit-nya jago tuh.
    Temen2 gw banyak yg jago motret,en malah udah pada profesional tp mereka pada males kalau disuruh motret artis :-D

    ReplyDelete
  8. kl mo bagus bgt mang musti jago manupulasi poto. gue jg bisa tiba2 jd sekinclong tamara blez asal yg utak-atik potoshop ekspreeeeettt eh expert bgt.
    kl tmn2 gue yg jago mah masih mao moto artis asal bayarannya memadai :-)

    ReplyDelete
  9. Kalu gw mah males banget poto pribadi gaya narsis dipoles pakek potocop,mendingan gw "mainin" make up ajah....
    Hahaha..soal bayaran sih kalau profesional emang harus memadai, tp daripada motret artis jadinya malah spt gunung mendingan gak usah.Soalnya mereka poto-nya juga pakai feeling ;-)

    ReplyDelete
  10. jadi.. mendingan moto gunung yee drpd moto artis maksutnya?
    gue sih emang ga minat poto di manipulasiin soale kasian operator potosopnya kl manipulasiin poto gue. gini2 gue masih ber prikemanusiaan kok ma org laen.

    ReplyDelete
  11. Mendingan moto artis di gunung kaliiii.....
    Kenapa emangnye? Dikau walaupun sudah dimanipulasi'in tetap aja ancur yak? hehehe....or justru lebih baik gak dimanipulasi'in? ;-D

    ReplyDelete
  12. keknya justru lebih baik gue ga usah di poto dah.
    kl mau or berminat liat aslinya aja langsung hehehee...

    ReplyDelete
  13. Camera-nya jatuh waktu mau nge-shoot dirimu ;-)

    ReplyDelete
  14. ooohh... tenang aja, aku masih memberi kesempatan kok unt dipoto lagih :)

    ReplyDelete
  15. Eh soal poto nih...daku pengen buku kite yg lagi disusun ini bakal ada "sesuatu" yang laen. Hhhhmmmm....thema-nya khan showbiz,jd potonya jangan cuma pas poto duangan deh ;-)

    ReplyDelete
  16. ok, ok, terserah... otak gue lagi overload niy :-)
    mang mo poto kayak gimana? gue sih mau deh di poto dgn berbagai pose dan posisi :-)))

    ReplyDelete
  17. Mau poto ala superstar gituh ;-D
    Barangkali dikau mau gaya ala bassis...hehehe....ganjel pakai bantal perlu gak yeee? ;-)))))

    ReplyDelete
  18. yg kebayang di kelapa gue... kayak dua maia or ratu gituh.
    bagaian apanya yg di ganjel niy? keknya stok lemak gue dah cukup memenuhi :-)

    ReplyDelete
  19. Setubuh...eh setujuh...ntar kita tampilkan ala duo maia or ratu dengan gaya kita bangeeeetttzzz....;-)
    Gayanya pakai alat music yg emang kita bisa.Dikau bisanya apa? Kalau gw pegang kricikan or galon air mineral ajah dah.Piano gw gak jago2 amat ;-D
    Ckckck....emang seksi-an elo dibandingkan Om Bohay ;-))

    ReplyDelete
  20. weiisss... nanya ke gue bs pegang alat musik apa.. ga salah tuh...gue bs megang apa ajaaaa.. semua alat musik bs gue pegang, cuma ga bs maeninnya aja :-)
    gue mo begaya jd managernya aja deh :-))) bkn kru ye yg bw2 koper.

    ReplyDelete
  21. Aaaaahhh...loe tuuuu yyyeeeeeehhhhhhh! Masaq maen gendang aja loe gak bisa seh?
    Gaya manager keren juga seeehhh....maksudnya manager-nya Dewi Dewi alias Ahmad Dani yaa? Btw gw suka loh kaos yg dipakai Dani, kaos 3 umat ;-) Mau tuh gw beli kalo Dani jualan kaos juga...

    ReplyDelete
  22. asal gendong mah bisa, jamu aja bs gue gendong palagi cuma gitar2an. oh ya, gue bs maen suling dulu, pan ampe ikut perlombaan nyuling SD se-kecamatan. Mayan gue pegang suling alto yg gede, juara brp dulu gue lupe.
    kaos yg zionis itu ye, dia py kaos itu byk, dl cuma item doank skrg py yg lengannya merah en srg bgt die pake tuh.

    ReplyDelete
  23. Hahahaha...lumayanlah masih bisa nyuling.Hihihihi...iye yee, zaman SD - SMP dulu gw juga nyaris ikut lomba suling ;-) tP Waktu itu gw piling nge-dance en busana daerah.
    Bukan zionis aja, tp ada salib and bulan bintang-nya juga. Apa dia juga nitip di distro yak? ;-)

    ReplyDelete
  24. kl ngedance bocah jaman dulu gue ga minat, soale badan gue kerempeng bgt dulu, mana tingginya menjulang, item lagih. skrg aja bantet, sejak esempe pertumbuhan gue terhambat drastis.
    iya, gue tau yg tulisan zionis tp pake 3 lambang agama. lo cetak aje ndiri di tukang sablon di senen, Na.

    ReplyDelete
  25. Kalau di Cempaka Mas ada gak ya?
    Ntar kita bikin nyang banyak en kita jual2in, trus bilangnya kaos ala vocalis INI Band....jualnya di milis fans-nya.
    Hhhhmmmm...ada nyang protes gak ya? ;-)

    ReplyDelete
  26. ga ada, mending bikin ndiri aja. INI band? nama band baru yah? :-))
    kl ada yg marah elo aja dah nyang maju, gue nongkrong aja di warnet sambil baca milis :-)

    ReplyDelete
  27. Hahaha...loe emang paling doyan bikin keributan en terus cari aman ;-D

    ReplyDelete
  28. Oh iye, Yen....gw lihat di Kelapa Gading Boulevard ada udang Bu Rudy asli Surabaya tuh. Kalau loe mau mendingan beli disana aja ;-)

    ReplyDelete
  29. berapaan harganya di sono? lo ke surabaya aja deh, Na. sekalian gue titip bandeng presto bakar :-)))

    ReplyDelete
  30. Wah belum tanya.Gw juga jadi penasaran pengen beli.Minggu ini deh gw ajakin Yuli kesana. Abang lagi di Surabaya nih skrg, gak tau deh kapan baliknya. Bilangnya sih gak terlalu lama.
    Loe sih emang niat ngerja'in, awalnya "maksa" orang utk bawa'in Udang Ibu Rudy, eh udah nemu di Jkt skrg loe malah sekalian nitip bandeng presto bakar...ckckck.... Kalau gw nemu juga di Kelapa Gading loe cari2 titipan apa lagi nih? ;-)))) Tapi sptnya di Kelapa Gading ada juga deh Bandeng.Eh itu bukan khas Semarang?

    ReplyDelete
  31. hehehe... pokoke nitip dah! kl semarang gue taunya lumpia doank, lagian gue ke smrg sll numpang lewat doank. kl udang bu rudy nyang di srby enak, mak nyos.. palagi kl pake nasi anget. soale gue ma adek gue emang demen udang :)

    ReplyDelete
  32. Iiih gw juga demen banget sama udang ;-)
    Ibu Rudy enaknya dimana sih? Trus kalu di Sby harganya brp?

    ReplyDelete
  33. sbrnya unik aje, sambelnya pedese puol, ada serundeng ma krispinya lageh. kl di sby yg toples kecil 25rb. mending lo rasin sendiri dah hehehe... jgn sendiri deh tp bagi2 gue :-))

    ReplyDelete
  34. Loh gw ngebayanginnya jadi spt ebi di Mpek2 Palembang deh.
    Kalau serundeng gw gak seberapa suka :-)
    Jadi ituh udang yang imut2?

    ReplyDelete
  35. He eh, udang kecit2... serundeng kek crispy kek semuanya gue suka. palagi kl nyang gratisan, enak banget tuh...

    ReplyDelete
  36. Wooiii, naskah udah selesai belon?
    Apa kita terima kontributor lain nih buat variasi? ;-)

    ReplyDelete
  37. Kontributor-nya dari elo satu en dari gw juga satu.
    Atau dua sekalian?
    Supaya gak ADA Band mulu....;-)))

    ReplyDelete
  38. hmmm... blm, krg 1 artikel! tp keknnya gue pengen nambahin rundown stasiun tv terasik ma terburuk kl ntn di t4 mereka. gue mo bales dendam! kontributornya sapa ? gue ada siy tmn yg jls dia ga bakal ntn ADA deh. cuma bagi hasil or pembayarnnya ma die gimenong tuh?

    ReplyDelete
  39. Terasik en terburuk? hehehe...kalau gw mah udah tau banget ;-D
    Boleh juga tuh, tp dikhawatirkan nanti dituntut sama stationnya gak, krn secara biasanya front-nya yang gak kooperatif.
    Iye sih,,,bagi hasilnya emang agak2 resek.Buruan deh loe selesai'in...;-)
    Mau loe apa gw nih yg ngedit ke word?

    ReplyDelete
  40. ah, rese amat mrk mo nuntut, asal dijelasin ini pengalaman pribadi, kesamaan nama, tempat dan pelaku hanyalah ketidaksengajaan semata
    :-)))
    gue ngedit di wordnya py gue dulu dah hehehehe... sibar.. sibar...

    ReplyDelete
  41. Wooiii ini non fiksi....bukan novel ;-)))))
    Okeh deh,buruan edit yak...gw juga ngedit nih. Tanggal 7 Maret udah selesai semuanya khan? Tinggal kita satu'in aja plus final touch kita ketemuan lagih.

    ReplyDelete
  42. kurang 1 report lageeeehh gue, lo kl ada inpo konser ksh tau gue yah! ehem.. selain ADA yah, apa aja deh bng haji, dewi persik terserah yang penting ada dulu dah en bs masuk tuk liat intinya.

    ReplyDelete
  43. Tanggal 28 Maret ADA Band di Planet Hollywood...hahaha.....tadi gw lihat banner-nya di jalan ;-D

    ReplyDelete
  44. di milis udah ada tuh, tp htm-nya brps yah? tg; 28 kelamaan kali lagian die lagi die lagi. ntar malem ada DEBU di istora tp gue ada produksi cetak lagih hik... hik...

    ReplyDelete
  45. Wah iya ya....pdhl DEBU ada talkshow-nya juga.
    Skidrow tanggal 7 di Drive In tuh...
    Or mau nasyid sekalian? Di Istora tgl 9,sekalian AAC tuh....tp gw gak bisa.

    ReplyDelete
  46. ntar hr mgg jg DEBU manggung lagi, hr mgg tuh tgl 9 ye? Pan pas pembukaan kmrn ktnya mrk ada jg kan. Skidrow apaan tuh?

    ReplyDelete
  47. Iya hari Minggu tanggal 9.Pagi sampai siang gw ngurus acaranya Sekar di PapaRons. Yup..pas pembukaan emang ada, tp gw gak sempat nonton.
    Skid Row group musik rock....lumayan keras seh, apalagi di Drive in gituh. Kebayang banget dah! ;-)
    Actually....gw ngincer Java Jazz nih.

    ReplyDelete
  48. kl musik cadas paling gue taunya kunci, tp skrg lbh komersil ga secadas dl.
    gue ga paham musik jazz, pernah ntn jazz cuma kagak mudeng gue. gue yg laen ntn gue malah asik makan sendiri, pokoke ga mudeng deh, se ga mudeng org2 ma gue knp gue ntn ADA mulu :-))

    ReplyDelete
  49. Kunci??? Oh Indonesia yak?
    Kenapa sih orang banyak yg gak mudeng sama Jazz,pdhl asyik banget ;-)
    Loe mah mudeng gak mudeng tetap aja makan sendiri....
    Semalem ADA di Indosiar malah gw gak mudeng....ngira2 ternyata perkiraan gw bener.Tp gw lagi therapy dari ADA hysteria syndrom neh ;-D

    ReplyDelete
  50. yoa, tmn2nya bom2, bsk ADA manggung di yogya jg pacarnya bom2 yg urus eventnya di sana.
    gue puasa ntn konser dl bentar, deadline kerjaan frilen gue byk bgt dah ampe meleset2 mulu.
    gue prefer dangdut drpd jazz. kl dangdut rada mudengan dikit.

    ReplyDelete
  51. Iye nih,gw juga puasa dulu dari nonton konser(kecuali kalau ada yang ngasih gw tiket Java Jazz gratis).Kasihan juga tuh Yuli gara2 gw nggak seantusias dulu kalau dia punya tiket nonton konser gratis. Trus loe tauq gak kompensasi-nya apa gara2 ini??? Dia jadi kuis mania.Minggu kemaren aja dia menang beberapa kuis radio...sampai dia minta nomer KTP gw pengen diikutin kuis pakai namanya en nama gw juga.Ckckck....

    ReplyDelete
  52. ck.. ck.. quiz hunter die. bener2 tau cara menikmati hidup. Bagus tuh anak, keliatan kalem kl urusan nonton aja getol bgt. Bagus... bagus...
    Td tmn gue epon, malem ini di hotel sultan ada james ingram mo ketemuan ma temen gue -yg barengan bikin EO yg gue ceritain dl-. secara gue ga tau sapa die gue cuek aja... eee.. baru nyadar pas tmn2 kntr gue blg dia itu penyanyi jazz terkenal. Lah moso gue mo nyusul pake sendal jepit, gue pan ke kntr ga make sepatu gara2 rmh di renop, brg2 gue dikardusin termasuk sepatu gw. tau dah ah, gue pulang ajah ah!

    ReplyDelete
  53. Bener,Yen.."sakit jiwa" loe kalau sampai gak nemu'in James Ingram gara2 sandal jepit doang. Spt gw bilang di sms tadi, liputan ttg dia (sejelek apapun) masih lebih bagus daripada liputan ttg band fave kite sebagus apapun (liputannya).
    Dan sptnya loe lebih seneng ketemu sama Dewi Persik pakai highheel daripada ketemu James I pakai sandal jepit yee? ;-)

    ReplyDelete
  54. semua orang pd begitu. sama spt waktu gue dl, seorang sutradara kondang yg seproyek gw, trus dia nanyain gue. kt tmn2 gue keknya dia ada minat ma gue mgkn mo di ajak gabung ma PH nya. gue ampe dikatain ma seorang seniman kondang ktnya bodoh kamu dicari dia bukannya nemuin. tau deh ah!

    ReplyDelete
  55. Hah??? Tuh sutradara minat mau njadi'in loe artis peran utamanya? Kenapa nggak mau? Jadi khan temen2 gw yang dapet piala FFI semakin banyak ;-D
    Berdasarkan cerita2mu kepadaku selama ini, so gw jadi bisa diagnosa kenapa loe sering ngeluh soal bosen, tidak optimis dan sejenisnya...hehehe.....
    Emang dasarnya loe aja yang tidak melihat 'kesempatan dalam kesempitan' ;-)

    ReplyDelete
  56. bukannya ga mau tp ga ngarti. soale tuh sutradara nanyain gue ke tmn2 gue mulu. Lah pan gue kagak paham apa maksutnya, blg aja hrsnya ke tmn2 gue kl dia mau apa gituh ma gue, biar jelas getuh.
    soale kdg kesempatan yg dtg tll besar sampe gue ga bs atasi.
    tp kl ngeluh soal bosen.. ya itu mah tiap ari jd siap2 aja dgr gue ngomong kata bosen mulu hehehehe... kadar pembosan gue di atas rada2 eh rata soalnya.

    ReplyDelete
  57. Sekarang loe yang tanya aja ke sutradaranya, ngapa'in waktu itu dia tanya2 elo ;-) Lama2 orang yang bosen denger loe ngeluh bosen loh...hahaha...
    Gw dulu awalnya juga bosenan, tp akhirnya "energi kebosanan" itu gw pakai untuk ke arah yang lebih kreatifitas. Jadinya skrg gw orangnya malah "menclok sana sini"...hihihi, tp bukan yang berurusan sama cowok ye ....

    ReplyDelete
  58. Dah lupa kali tuh sutradara, dah lama sekali.
    Gue jrg ngeluh kali, tanya aja ma tmn2 gue yg dah lam kenal gue.
    lo aja kenal ma gue pas gue ada di titik jenuh 3 tahunan (kayak banjir aja ada jadwal tahunannya) hehehe...
    Kl ma cowok palagi, tiap ari dieponin mulu aja bosen, tp kl urusan duit kok kagak bosen ye...
    oh ya, bosen gue baca2 milis ADA, banyakan inpo ga pentingnya.. lah.. bosen lagih... pokoke gue sahut2in nih komen ampe lo bosen balesnya!

    ReplyDelete
  59. Gw lihat ada masalah sama milis.Mosoq seh inpo waktu minggu lalu di Indosiar bisa meleset!
    Btw si Yuli ngajakin ikutan kuis Kareoke Yuk! di TPI tuh. Kalau loe mau ikutan laporan sama gw yak!
    Kasihan juga dia tuh...hehehe...ngajakin macem2, dari konser sampai kuis radio en tv tp gw belum menuhin keinginannya yg gak penting, tp asyik aja bikin hidup lebih berwarna...hahahaha

    ReplyDelete
  60. ciee... ada masalah ma milis... jelas dr dulu emang bermaslah tuh milis krn ga resmi hehehe.. secara yg pd posting jdwal dah bosen kali jd mending mrk lsg dtg aja ma gengnya sendiri hehehe...
    waduh... gue kl soal nyanyi2 ga pede dah. fales kuadrat suara gue!!!
    mang keinginan dia palagi tuh, kl konser masih asik, kl radio hehehe... kaga ada radio di rmh gue... kl kuis di tipi tuh biasanya mbak lia (lo kenal die kan?) yg srg hoki, die pernah dpt motor tuh!

    ReplyDelete
  61. Iye dah, jadi ngegank ndiri2...hihihi...nonton konser aja pakai group2an kayak ikutan kuis....
    Syukur loe kalau nonton ADA gak pernah deket gw, jadinya gw gak bakal denger suara fals kuadrat loe itu ;-)
    Ooohhh Mbak Lia yang pakai jilbab ya? Dia sih malah satu kampus sama Yuli di Mustopo. Lah emang deh Yuli kalau ngajak org gak pakek observasi dulu....Kalau nekad mah gw ajakin Abang aja sekalian buat ikutan kuis itu...hihihihi...
    Mbak Lia menang kuis dimana yg dpt motor?

    ReplyDelete
  62. ya ngegank lah secara ga ada yg urus. gue ndiri ga ada gengnya nih soale t4 tinggal gue ga dkt sapa2.
    yoa dia ituh. pernah menang motor gr2 sms 7x ketik ADA di SCTV musik award pa apa getuh. dia jg pas gath kmrn nomernya dia ampe 3x menang cuma dia cuma bole ambil hadiahnya yg pertama doank hehehehe...
    lah pan yuli kenal ma mba lia yo ajak aje, keknya dia rada2 urat malunya dah putus jg tuh jd kl mao caur2an berani tuh die.
    kl soal quiz hunter ada tmn kuliah gue yg kl ikutan kuis menaaaaaaang mulu. bahkan kisahnya ditulis ma sepupunya di novel Love in Praha. mulai menang kuis abal2 macem payung, kamera dll, ampe ntn artis di luarnegeri brg MTV 4x, terakir puncaknya dia dpt vios stlh itu dia dah ga ikutan kuis lg. ampe org MTV bosen dia mulu pemenangnya. pernah diliput dia di mjlh Soap sbg lucky girl getuh.

    ReplyDelete
  63. Oh jadi tuh novel kisah nyata yak? Gw seh udah baca novelnya. Emang seh sering ada org yg lucky spt getuh. Emak gw termasuk yg lucky, makanya geregetan sama gw spy ikut2an kuis juga :-)))) Saudara gw juga ada yg suka lucky, tp gw orangnya males ikutan kuis2. Hhhhmmmm....tp skrg boleh juga neh...hahaha...secara ada yg gw incer juga.
    Btw waktu kuis Softex untuk nonton Robbie Williams bareng ADA gw khan sama sekali gak ikutan, tp yg protes malah Sekar. Dia nge-fans sama Robbie Williams soale, jadi bukan ADA-nya...hehehe...

    ReplyDelete
  64. iya itu kisah nyata tp awal cerita novelnya aja.
    kl soal kuis2 gituh gue mah ga terlalu berminat abis kdg kayak judi tp kl ikutan sayembara atao lomba biasanya rada berrejeki gue di situ.
    hmmm... sebenarnya kl soal kuis ketemu, ntn brg, atao kencan ma artis srg bgt gue dgr cerita ternyata tidak memuaskan pemenang. pan dimilis pernah ada yg bahas tuh.

    ReplyDelete
  65. Kalau lomba mah gw juga demen ikutan, en 97 % dapetlah - minimal jadi finalis.
    Tidak memuaskan pemenangnya gimana? Kalau kuis ketemu, nonton atau kencan sama artis mah gw udah gak minat (kecuali kalau emang lg pengen).Yaaa...gimana lagi? Yg lagi jadi idola orang2 skrg itu temen2 gw zaman dulu kala, trus gw iseng nguber vocalis idola,,,,eh skrg bukan cuma nonton/kencan bareng doang, bahkan meeting-pun bareng dia. So ngapa'in lagi gw ikut2an kuis yg hadiahnya "bareng idola" ? ;-)

    ReplyDelete