Tuesday, October 17, 2006

Liszt - Berawal Dari Ringtone Handphone

Berawal dari sebuah ringtone handphone yang aku miliki. Ada satu ringtone di handphone yang menjadi favoritku.Perasaanku menderu mendengar suara itu."Konon" itulah sebagian kecil dari karya Liszt, musisi yang lahir di Hongaria 22 October (Berarti beberapa hari lagi merupakan hari lahirnya).
Ringtone iru membuatku penasaran.Romantis abiiss. Sepertinya asyik banget untuk dimainkan pada piano. Romantis, tidak "gagah" seperti musik klasik karya komponis lain.
Beberapa bulan kemudian aku datang dalam acara konser tunggal piano di Erasmus Huis. Pianis cewek asing yang memainkan (diantaranya) beberapa bagian dari karya Liszt. Mirip seperti ringtone handphone-ku!
Kini aku mengetahui bahwa Liszt adalah pemain piano paling hebat dari segala masa yang repertoarnya sangat luas dan salah satu pembawa performance konser piano tunggal.
Ternyata Liszt adalah "musuh" J.Brahms, musisi yang "anti tebar pesona" dalam bermusik. J.Brahms sangat tidak bersimpati dengan Liszt dan Wagner yang dianggap memiliki sifat "sok romantis" dalam bermusik. Bahkan Brahms sampai membuat surat pernyataan bersama Joachim yang menentang aliran music Liszt - Wagner (Diterbitkan dalam koran Echo - Berlin tahun 1960). Wow, konservatif amat sih, Om?!
Yaaaa, memang sih Liszt menjadikan Weimar sebagai pusat dari gerakan "modernis" dalam musik Jerman, disebut : "Aliran Jerman Baru" dan "Music dari Masa Depan". Karena ini juga Liszt banyak diprotes pemusik - pemusik kalangan "musik akademik", khususnya dari kota Leipzig.
Daaaan...di masa sekarang, ternyata ada loh orang yang protes plus ngomel kalau aku mendengarkan karya Liszt di malam hari, sebelum aku tidur. Wah...wah..muridnya Om Brahms atau titisan pemusik kota Leipzig sih, Mbak???

14 comments:

  1. Aku penikmat musik juga Mba, including piano, guitar and violin! Sayangnya aku tak bisa memainkan satu pun diantara mereka, huhuhuhuhu... Kalo bisa romantis banget kali yak :-D

    ReplyDelete
  2. Suka sama music-nya siapa,Ma? Aku udah belajar piano sejak umur 7 thn tp gak jago mainnya,,,,huhuhuhuu,skrg nyesel en mau belajar lagi.Geregetan ndengerin komposisi2nya Haydn,Mozart,Bethoveen,Brahms yang keren2,rasanya pengen lancar maininnya ;-) Huhuhu...tp aku khan belum pernah ke Wina en Salzburg seperti kamu :-( Doa'in tahun depan bisa kesana ya, Ma...pokoknya semua pertunjukan musik mau aku tonton semuaaaa.Menapak tilasi sejarah music gituh deh ;-) Mau nemenin, Ma?

    ReplyDelete
  3. Aku suka Bethooven, Mozart sama Wagner :-) Tapi gak apal2 banget siy ama musiknya mereka :-p

    Mau banget nemenin Mba..., kapan pastinya? Biar kita arrange rapi2 semuanya :-D

    ReplyDelete
  4. Insya Allah akhir 2007 ;-D Kamu masih di UK gak yaaah??? Sambil ngitung2 uangnya dulu nih plus lagi belajar musik-nya lagi.Daripada udah pas "napak tilas" cuma melongo-melongo doang :))

    ReplyDelete
  5. Hmm...Franz Liszt bagus.Tapi Dala lebih suka Bizet & Vivaldi.Kalau jadi ke Wina oleh2 ya ,mbak =P

    ReplyDelete
  6. Yup Vivaldi juga oke,tapi kalau Bizet aku belum pernah perhati'in ;-D Kalau mau oleh2 ajarin aku main biola dulu dooong, sampai lulus audisi di Wiena ;-p

    ReplyDelete
  7. Liszt... oh itu si temennya Chopin kan... klo Liszt setauku suka mamer2in kelihaian jarinya.... pernah denger La Campanella? mampus mampus deh klo liat not baloknya... kayak ada dua orang yg lagi maen. aku lebih prefer Chopin yg manis, walopun jago tapi ga sok tahu klo maen, hehehe...

    ReplyDelete
  8. He-eh,itu yang disebut polifonis.Sepertinya tangan kanan dan kiri 'ngga nyambung'.Padahal itu satu lagu.

    ReplyDelete
  9. Kalo masalah musik klasik aku g tau itu musik karya siapa tp dari kecil aku suka dengerin aja karna sering membuat aku "melayang" tanpa harus minum obat he...he...kalo aku suka beberapa aja seperti yg judulnya serenada kalo dengerin romantis.

    ReplyDelete
  10. trus yg aku inget apa lagi ya dr Liszt, hehe... soale dulu aku pernah nonton filmnya Chopin yg judulnya "Impromptu". Nah dari situ aku jadi tau klo Liszt itu sobat baiknya Chopin. Tapi klo Chopin kisah cintanya rada2 sedih (krn jatuh cinta sama sastrawan cewek Prancis yg berpakaian a la cowok krn ingin mendobrak streamline sastra yg didominasi oleh para cowok), nah klo Liszt itu seingatku punya anak banyaaak sekali, hehehe. Pokoke tiap kali si Chopin main ke rumahnya tau2 ada bayi baru lagi nongol. trus yg Liszt rada cuek gitu sama istrinya yg kewalahan ngurusin bayi2nya. Nonton deh Mbak (aku ga tau ada CD-nya ato nggak), tapi so far bagus buat tau latar sejarah mereka berdua, Liszt sama Chopin.

    ReplyDelete
  11. Yup, Din! Dikau benar.Chopin dicomblangin sama Liszt untuk berhubungan dgn Aurore Dudevant,penulis roman thn 1836.Chopin dan Listz merupakan 2 komponis virtuoso piano yg paling penting selama masa romantik.
    La Campanella salah satu contoh transkripsi yg terdiri dari fantasia2 pd tema2 utama lain.La Campanella ini merupakan transkripsinya dari melodi Paganini (Hehehe..Dala mungkin lebih ngerti nih!)
    Tetapi kebanyakan kisah cinta para musisi klasik ini "terlalu cuek" deh, contohnya Brahms dan Beethoven yang tidak pernah menikah.
    Iya nih, selain belajar ttg penerbangan & sci-fic aku jg lg senang belajar sejarah music ;-) Tapi susah cari bukunya, harus ngublek2 buku2 lama.

    ReplyDelete
  12. Hm... klo di film itu sih Chopin menjalin hubungan dgn Georges Sand (nama samaran dari si sastrawati Prancis ini), tapi ga pernah nikah. Justru klo Chopin dia lumayan/agak sentimentil, makanya lagu2nya kedengaran romantis. Oya di film Impromptu tsb yg berperan jd Chopin yaitu Hugh Grant. Jadi emang ni film bukan buatan Prancis, sayangnya :(. Dialog2nya juga sepenuhnya bhs Inggris.

    ReplyDelete
  13. Iya itu memang nama samarannya Aurore Dudevant,tp pakai nama cowok. Hhhhmmm...bantuĂ­n nyari dvd/vcd-nya dung! ;-D

    ReplyDelete
  14. Dah ngerti karya siapa khan? Hehehe...kok malah dari buku-ku zaman SD yaah, Mozart.Payah nih, udah nggak inget~ ;-p

    ReplyDelete