Monday, September 25, 2006

Pengalaman Interview Sebagai FOO


*** Diambil dari postingannya Andre di forum.
FOO = Flight Operation Officer.
Profesi di dunia penerbangan itu bukan sekedar Pilot dan Pramugari/ra aja!

Selamat Datang
Saya akan menceritakan pengalaman yg lucu
sewaktu di rekrut jdi FOO, maaf ini hanya pengalaman belaka bukan
mendeskreditkan perush tertentu, karena saya juga masih belajar kok,
hanya saja yg menarik karena org HRD nya sendiri yg sepertinya blm tau
banyak tentang Flight Operation, mungkin jg saya yg salah menilai
HRDnya.


Begini ceritanya waktu itu ada proses rekrut FOO,
saya salah satunya terpanggil, trus sebetulnya jg dah tau dari cerita
teman saya yg ex sana juga yg di dalam perush itu banyak yg aneh2
haha...

Waktu itu saya di panggil utk dateng ke terminal Domestic
Soetta, jam 10 pagi, ada jg beberapa org lain yg terpanggil, setelah
beberapa lama menunggu akhirnya giliran saya di panggil begini
ceritanya :

HRD Staff : hmm coba kmu perkenalkan diri kamu n penglaman kamu? ( Kayak anak TK ya) kan dah ada di CV..
Saya : nama saya... lahir di ... anak ke... kerjaan ortu... pengalaman
Hajj Operation pesawat haji, ramp officer B767 utk haji, Dispatch utk
B767 pesawat haji, Loadsheeter B767 pesawat haji...
 

HRD Staff : wah anda rupanya sudah punya pengalaman, tp itukan di luar beda loh klo disini, kan di sini domestic.
Jawab : Maaf mbak dimana mana seluruh dunia yg namanya flight operation
prosedurnya sama, suasana saja yg beda dan system sehari harinya.


HRD Staff : Kan disini domestic ya jelas beda donk, anda handle haji
dulunya disini ya domestic, klo diluar kan beda apalagi nentukan
bandara alternatenya.
Jawab : Alternate? seluruh dispatcher tau kok mbak prosedur utk memilih bandara alternate.

HRD Staff : Pernah Dispatch 737 gak? dan jd loadsheeternya
Jawab : Pernah, tp seringnya pswat haji 767.
 

HRD Staff : Wah berarti blm pernah dispatch 737 donk ama loadsheeternya.

Jawab : Di license kan tertulis Rating 737-200, 300 and 400, masa saya
ga boleh dispatch and bikin loadsheet? Percuma donk ambil license FOO,
(Jadi anggapannya ga tau kondisi disini gitu dianggap masih initial yg
baru lulus ambil FOO) (Tau ga seehhh Masalah Flight Operations?)

HRD Staff : Berapa lama anda bisa bikin load sheet?
Jawab : Ya sekitar 5 - 10 menit tergantung bentuk loadsheetnya. index or waterfall?
HRD Staff : Wah lama amat, disini waktu segitu dah 5 pesawat yg berangkat...
Jawab : Tapi Safety gak tuh,? pengalaman haji pilot 767 saja bikin loadsheet 5 menit.

HRD Staff : Flight plan haji anda dapat dari mana?

Jawab : Kami Dispatch kategori no 2, jadi seluruhnya dah di siapin di
Dispatch Centre, di Manchester inggris, jadi kami tinggal request sajah
lewat system, and cross check.

HRD Staff : Anda minta gaji berapa?
Jawab : Klo itu ya liat aja pengalaman yg pernah saya dapat d CV, berapa pantesnya?
HRD Staff : Ya anda minta brp?
Jawab : Saya minta standar aja utk indonesia biasanya segini.....
HRD Staff : Klo kurang dari itu gmn?
Jawab : Berarti disini ga punya standar safety
HRD Staff : Ya kita kan blm liat anda di lapangan bgmn kerjanya..

Jawab : Hmm Klo saya memang sih punya ijazah gombal, tp klo dah pernah
di 767 berarti saya punya nilai lebih donk?


HRD Staff : Yah kan saya blm tau anda gmn? boleh saja anda di sana
bagus tp blm tentu di sini bisa bagus, apalagi disini flightnya
lumayan, anda jg blm tau medan tempurnya disini...

Jawab : Maaf
Kan sudah saya bilang dimana mana Flight operation itu prosedurnya
sama, cuman statusnya saya pesawat haji dan musiman sedangkan disini
reguler.

HRD Staff : ya baik lah klo gitu anda nanti kami panggil
lagi... tp anda siap ga klo dinas luar daerah apalagi mo lebaran..?

Jawab : Ya pasti harus siap..
HRD Staff : Oke pak, nanti kami pertimbangkan dulu, setelah itu kami akan panggil kembali.

Kemudian di panggil lagi, dan ternyata di tes, jd pertanyaan mana itu loadsheetnya??
mana itu weather forecast?, yg ada di suruh ngitung yg lain yg angkanya
bejibun yg sebetulnya bukan tugas FOO, jadi dapat kesimpulan : Perush
ini menurut saya memperkerjakan pegawainya bagaikan robot, (bikin
loadsheet 2 menit?) dan seharusnya menempatkan utk HRD org operational
atau setidaknya proses rekruitmentnya yg melaksanakan pihak operasi dan
chief FOO sebagai org HRD yg mengetes calon karyawan baru or Captain
lah utk FOO yg baru di rekrut, dan pengetahuan Flight Operationnya jg
masih minim, saya juga masih minim dan masih perlu belajar banyak, dan
FOO dianggap sama saja seperti pegawai lainnya, jadi punya kesannya
anda mau terima ya silahkan ambil klo mau kerja disini, kalo gak mau ya
sudah, kami bisa cari kok org lain, bukannya saya menolak rejeki, dari
hasil interviewnya saja sudah bisa tau kok nantinya kondisi di
lapangan, saya jg heran kok disini prosesnya seperti itu, dan yg
ngetesnya jg bukan org2 yg punya pengalaman Flight Operation, jadi
sewaktu itu saya pulang jg masih timbul pertanyaan2, kok begini kok
gitu seh, tau ga seh basicnya airlines? ya mungkin anggapan saya jg yg
salah sudah mikir jelek duluan, tp ini betul2 pengalaman yg kurang
memenuhi kriteria and prosedur, sekian dulu dari saya, maaf bila ada yg
tersinggung,

ini hanya pengalaman belaka yg saya peroleh, bukan utk menyalahkan ato
menghina, saya juga masih belajar, dan mungkin bisa jadi pelajaran buat
kita2 nanti yg mau kerja di sektor penerbangan.




No comments:

Post a Comment